Kenali Penyebab Kudis!


Penyebab kudis adalah infestasi dari tungau sarcoptes scabiei, juga dikenal sebagai tungau gatal manusia. Setelah bersembunyi di bawah kulit, tungau betina bertelur di terowongan yang telah dibuatnya. Setelah menetas, larva bergerak ke permukaan kulit dan menyebar ke seluruh tubuh atau ke inang lain melalui kontak fisik yang dekat.

Manusia bukan satu-satunya spesies yang terkena tungau. Anjing dan kucing juga bisa terinfeksi. Namun, masing-masing spesies memiliki spesies tungau yang berbeda, dan walaupun manusia mungkin mengalami reaksi kulit sementara dan ringan untuk kontak dengan tungau hewan non-manusia, jarang terjadi infeksi manusia dengan tungau hewan.

Kudis sangat menular dan menyebar melalui kontak kulit-ke-kulit langsung atau dengan menggunakan handuk, tempat tidur, atau furnitur yang penuh dengan tungau. Dengan demikian, beberapa orang yang kemungkinan besar terinfeksi kutu meliputi:

  • anak-anak menghadiri penitipan anak atau sekolah
  • orang tua dari anak kecil
  • orang dewasa muda yang aktif secara seksual dan orang-orang dengan banyak pasangan seksual
  • penghuni fasilitas perawatan yang diperluas
  • orang tua
  • orang yang immunocompromised, termasuk orang dengan HIV / AIDS, penerima transplantasi, dan orang lain yang menggunakan obat imunosupresan

Beberapa infestasi dapat teratasi tanpa perawatan. Namun, langkah pencegahan utama yang tercantum di bawah ini dapat dilakukan oleh penderita skabies tanpa mengunjungi dokter. Namun, perawatan herbal, seperti pohon teh dan minyak Mimba, belum secara konsisten ditunjukkan untuk mengobati kudis. Oleh karena itu disarankan untuk mengunjungi dokter dan meminta resep.

Tes dan diagnosis
Kudis kadang-kadang bisa keliru untuk dermatitis atau eksim karena kondisi kulit ini juga menyebabkan gatal dan benjolan pada kulit. Siapa pun yang tidak yakin tentang penyebab kondisi kulit harus berkonsultasi dengan dokter mereka karena pengobatan OTC tidak dapat memberantas kudis.

Seorang dokter dapat mendiagnosis kudis dengan memeriksa kulit atau dengan melihat kerokan kulit di bawah mikroskop.

Pengobatan
Kudis sangat menular, sehingga siapa pun yang hidup dengan pasien yang didiagnosis dengan kondisi tersebut, atau yang telah melakukan kontak dekat dengan pasien, kemungkinan besar akan direkomendasikan untuk menerima pengobatan untuk kudis bahkan jika mereka tidak memiliki gejala. Ini termasuk siapa saja yang dengannya pasien telah melakukan kontak intim baru-baru ini.

Kudis umumnya diobati dengan obat topikal seperti krim permethrin 5 persen, krim crotamiton, atau lotion lindane. Dalam beberapa kasus, losion benzil benzoat 25 persen atau salep sulfur 10 persen dapat digunakan. Kebanyakan sediaan topikal diterapkan pada malam hari dan dicuci pada pagi hari.

Perawatan kudis
Lotion dan krim biasanya digunakan untuk mengobati kudis.
Ivermectin, obat oral, mungkin direkomendasikan untuk orang yang immunocompromised, mereka yang menderita skabies berkrusta, atau mereka yang tidak menanggapi terapi topikal.

Ivermectin tidak boleh digunakan selama kehamilan atau saat menyusui atau oleh anak-anak dengan berat kurang dari 33 pound. Obat-obatan lain, seperti antihistamin, lotion anti-gatal seperti lotion Pramoxine, antibiotik, dan krim steroid mungkin diresepkan untuk menawarkan bantuan dari gejala.

Pengobatan dengan obat yang diresepkan umumnya akan membunuh tungau dengan cepat. Gatal dan ruam pada awalnya mungkin menjadi lebih buruk. Namun, penyembuhan kulit harus dilihat 4 minggu setelah perawatan. Beberapa orang memerlukan lebih dari satu perawatan untuk sepenuhnya menghilangkan tungau.

Jika Anda ingin membeli krim permethrin, maka ada pilihan yang sangat baik secara online dengan ribuan ulasan pelanggan.

Pencegahan
Untuk mencegah infestasi dan penyebaran kembali, Artria menyarankan Anda untuk lakukan langkah-langkah berikut:

  • Cuci atau bersihkan semua pakaian, handuk, linen, dll. Saat mencuci, gunakan air sabun panas dan keringkan dengan api besar. Tempatkan barang-barang yang tidak dapat dicuci dalam kantong plastik tertutup selama satu hingga beberapa minggu untuk membuat tungau kelaparan.
  • Vakum seluruh rumah pada hari perawatan dimulai, termasuk karpet, permadani, pelapis, dll, dan buang tas atau bersihkan tabung vakum.

Jika Anda memiliki kekhawatiran bahwa Anda mungkin memiliki, atau mungkin berisiko, terjangkit kudis, bicarakan dengan dokter.

Subscribe to receive free email updates: